-->

Cara Membuat Blog Lewat HP Android Untuk Pemula (lengkap)

Cara membuat blog lewat HP Android. Apa itu blog? Blog adalah sarana untuk saling berbagi pengalaman, selain itu menurut ku sendiri blog adalah buat hoby atau hiburan yang bisa bermanfaat untuk semua orang. Entah itu meceritakan kisah hidup atau Anda punya kemampuan sendiri. Misalnya Anda mempunyai kemapunan elektronik, otomotif, komputer dan lain sebagainya. Yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menulis di blog dengan tema yang sudah anda sesuaikan di blog tersebut.

Kenapa harus ngeblog? Mungkin dari sisi lain ngeblog itu adalah menghabiskan waktu saja. Oh tidak sayang, ngeblog itu menurut ku sendiri bisa menjadi orang berpengalaman dan juga bisa menjadi penulis yang berkualitas. Jika anda pengen jadi penulis handal dan berkualitas maka membuat blog adalah pilihan yang tepat untuk belajar menulis.

Selain digunakan untuk tukar pengalaman, banyak yang memanfaatkan blog untuk ladang penghasilan tambahan, misalnya sarana perjualan online, membuat toko online dan lain sebagainya. Malah jika blog anda sudah rame, sudah banyak visitor atau pengujung, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari jaringan iklan.

Misalnya ada yang menawarkan iklan kepada anda dengan harga satu minggu 100rb misalnya, yaa itu kalau sudah rame blog Anda, saran dari saya sendiri buatlah blog yang bekualitas dan bermanfaat bagi semua orang, contoh buatlah blog pribadi seperti mas logow blog atau sesuai niche anda, contoh blog kesehatan, teknologi resep makanan dan lain sebaginya, yang jelas buatlah sesuai pengalaman Anda sebab menulis berdasarkan pengalaman itu akan mudah di inget dan mudah di tulis.

Terus kata orang ngeblog itu dapat uang dari Google? Ya benar kalau anda sedang mencari uang dengan memanfaatkan ngeblog maka blog adalah cara yang tepat buat tambahan penghasilan. Ya itu menjadi penayang iklan Google AdSense. Banyak teman-teman saya yang bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blogger.

Jawaban saya sendiri tidak lah gampang menjadi publisher adsense, anda perlu membuat blog dengan konten yang berkualitas dan mempunyai niche blog minimal 60 artikel dengan koten yang memadai minimal 1 artikel mempunyai 400 kata ditambah blog sudah berumur 6 bulan, setelah itu barulah melamar menjadi publisher AdSense. Kalau anda mengikuti saran dari saya jreng langsung di terima dan selamat 1 jam akan tayang iklan dari google.

Nah sekarang kembali ke judulnya. Bagaiman cara membuat blog lewat HP Android? Jawaban saya adalah gampang dan mudah untuk membuat sebuah blog lewat HP Android. Waktu tahun 2015 saya ngeblog pakai hp sebelum punya komputer, rasanya sih enak an peke hp bisa posting dimanapun saya berada, sekarang pun masih sering menggunakan HP buat posting walaupun cara ngetiknya agak begitu susah.

Dengan begitu sekarang ini jaman juga semakin maju. Kita hanya bermodal HP saja sudah bisa diajak cari uang dengan memanfaatkan blog. Berikut ini untuk memulai lakah-langkah membuat blog dengan smartphone android.

Dalam panduan ini saya akan memberikan cototoh yang mudah dipahami walaupun tulisan saya masih minim, masih dibilang belajar nulis ya bro. Tapi dengan berdirinya blog ini saya akan terus berusaha sebaik mungkin untuk kawula semua agar mudah dipahami dan dipraktekan secara langsung.

Langkah-Langkah Cara membuat blog lewat HP Android

Pertama tentukan platform sesuai dengan pilihan anda, dalam dunia blogging terdapat puluhan platform untuk membuat sebuah blog. Maka dari itu, terlebih dahulu anda harus memutuskan platform mana yang cocok Anda gunakan, entah itu blogger, wordpress tumblr, jimdo, webs, squidoo dan lain sebagainya.

Kalau menurut saya sendiri platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali bagi anda yang baru terjun ke dunia blogging adalah platform blogger yang sudah disediakan oleh google sendiri.

Dalam postingan ini saya akan memberikan contoh dengan tangkapan layar atau nama gaulnya yang dibilang SS screenshot. Menggunakan Samsung Galaxy j5 dengan dukungan browser ya itu Google Chrome. Jangan kwatir jika anda belum pempunyai Google Chrome, anda juga bisa langsung download melalui Play Store disini Google Chrome.

1. Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka situs Blogger disini https://www.blogger.com/. Setelah anda membuka situs Blogger, silahkan klik BUAT BLOG atau CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.

2. Masukkan email anda dengan akun Gmail. Jika Anda belum punya silahkan baca Cara Membuat Email Baru di HP Android. Setelah anda memasukkan, email silakan klik berikutnya.

3. Yang ketiga Silahkan masukkan password sesuai dengan password yang anda gunakan, kemudian klik berikutnya.

4. Silakan pilih profil yang anda inginkan, sesuai dengan keinginan anda. Anda juga bisa menggunakan profil Google+ dan juga Blogger biasa yang sudah disedakan. Dalam panduan ini saya menyarankan menggunakan profil Google+ saja. Maka dari itu, klik Buat profil Google+.

5. Sekarang, buat profil Google+ publik anda. Anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan anda, perubahan Disini yang dibuat akan ditampilkan di seluruh layanan Google, seperti akun youtube, drive, gmail dan lain sebagainya. Setelah itu klik Buat Profil.

6. Selajutnya anda bisa menambahkan foto profil sesuai keinginan anda disini. Masukan foto profil anda agar semua langsung beres tanpa perlu mengedit lagi. Lalu klik Simpan.

7. Disini anda akan melihat tentang profil yang anda buat tadi seperti nama dan foto. Artinya profil anda sudah berhasil dibuat dengan benar. Setelah itu klik Lanjutkan ke Blogger saja.

8. Next sekarang anda bisa membuat blog sesuka anda. Untuk mulai membuat blog baru silahkan klik tombol Buat Blog Baru.

9. Setelah anda pilih buat blog tadi, tampilan akan muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan ikuti panduan-Nya dibawah.







  • Nomor (1) Isi dengan judul blog sesuka Anda, Contoh : Mas Logow Blog
  • Nomor (2) Isi dengan subdomain Anda Contoh : maslogow.blogspot.com, blogspot nya akan otomatis terisi sendiri. Ingat subdomain kadang sudah digunakan orang lain, jadi pilih yang tersedia saja. Jika terdapat tanda centang artinya url yang anda masukan masih tersedia
  • Nomor (3) Tema yang sering dikenal adalah template. Pilih template sesuka Anda, seperti template Cantempo, Soho, Emporio, Terkemuka, Sederhana, Tampilan Dinamis dan lain sebagainya


  • 10. Setelah semua selesai Pilih Buat Blog!.

    11. Sekarang blog baru anda sudah selesai dibuat. Bagi pemula jangan tinggalkan postingan ini dulu. Lanjut terus dibaca sampai anda benar-benar memahami seluk beluk nya dunia blogging hehe.

    Sesudah anda membuat blog pasti ingin sekali mengetahui menu-menu yang ada di meja makanan, eh salah maksudnya mengetahui menu di dalam Blogger.

    Mengenal menu-menu di dalam blogger

    Di dalam dasbor blogger terdapat beberapa menu dan tombol yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut,

    1. Postingan Menampilkan postingan yang terdapat pada blog anda, postingan yang sudah ditampilkan atau postingan yang masih tersimpan di dalam draft. Dalam menu yang sudah disediakan di blog. Anda juga bisa menghapus beberapa postingan sekaligus dengan cepat.
    2. Statistik menampilkan semua informasi statistik pada bog Anda. Menampilkan seperti jumlah penayangan hari ini, jumplah penayangan kemarin, penayangan bulan yang lalu, riwayat penayangan sepanjang waktu pengikut. Pada menu ini juga menampilkan informasi, Bagaimana pengunjung menemukan blog anda, artinya kata kunci yang ditulis pengijung akan madu ke menu statistik.
    3. Komentar menampilkan komentar yang telah diterbitkan oleh pengunjung, komentar yang masih menunggu moderasi dari anda dan komentar yang masuk ke dalam spam.
    4. Kampanye menampilkan menu seputar Adwards, Anda juga bisa mempromosikan blog anda lewat adwords. Mulai dengan menulis iklan yang menceritakan tentang blog Anda, tentu saja tidak gratis.
    5. Laman menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog anda. Laman yang sudah diterbitkan dan juga Laman yang masih tersimpan di draft.
    6. Tata Letak nah di sini anda bisa mengubah tata letak sesuai keinginan anda. Anda bisa menambahkan tata letak seperti, Tambahkan Gadget yang sudah disediakan di menu tata letak dan menambahkan Gadet HTML atau JavaScript.
    7. Tema menampilkan pengaturan pada tema atau template. Di dalamnya terdapat menu seperti, sesuaikan template, edit HTML, backup / pulihkan dan untuk template original bisa menyesuaikan latar, tata letak, warna, font, dan lainnya sebagainya.
    8. Setelan membuka menu pengaturan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, postingan, komentar, dan berbagi, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran, setelan pengguna dan lain sebagainya.
    9. Daftar Bacaan menampilkan postingan blog lain yang anda ikuti, seperti blog teman anda, blog yang sering anda pelajari lalu anda mengikutinya, maka akan tampil di daftar bacaan.
    10. Bantuan menampilkan beperapa artikel bantuan yang sudah disedakan oleh Blogger sendiri seperti, beriklan di blog Anda, membantu orang menemukan blog Anda, cara menggunakan blogger, mengubah desain blog, mencadangkan, mengimpor, atau menghapus blog dan lain sebagainya
    Silahkan pahami sampai anda benar-benar paham. Jika anda sudah memahaminya, lanjut ke tahap berikutnya. Cara membuat konten atau yang sering disebut membuat artikel di Blog.

    Mengetahui cara menulis postingan atau mengisi konten di Blogger

    Untuk memulai menulis atau yang sering disebut menulis artikel Blogger sangatlah gampang, sekarang mulai perhatikan gambar dibawah ini.

    1. Pilih Entri Baru untuk mulai membuka kolom postingan Anda.

    2. Sebelum anda memulai menulis konten. Perlu anda ketahui di dalam kolom postingan terdapat banyak menu yang perlu diperhatikan, mulai dari menu navigasi, tombol warna, huruf besar dan kecil dan lain sebagainya.







  • Nomor (1) Bualah judul postingan Anda.
  • Nomor (2) Tombol ini berguna untuk menymipan postingan, menutup postingan dan mempublikasi postingan Anda.
  • Nomor (3) Ada dua jenis mode penulisan konten yang sudah disediakan oleh Blogger sendiri, diantaranya mode Compose dan mode HTML. Mode default di dalam postingan ini adalah Compose, jika anda belum mengerti seluk beluknya HTML saya menyarankan gunakan mede Compose saja.
  • Nomor (4) Tombol ini namanya Formatting Toolbar gunanya untung pengolahan teks pada postingan Anda. Fungsinya Formatting Toolbar ini tidak jauh berbeda dengan yang disediakan pada Ms. Word jadi fungsi dari menu ini untuk membuat tulisan italic, bold, underlin headling 1, headling 2 dan lain sebagainya.
  • Nomor (5) Menu navigasi setelan enteri, di sana terdapat beberapa menu yang perlu Anda gunakan, seperti label, jadwal, tautan permanen, deskripsi penelusuran, Pilihan dan lainya.
  • Nomor (6) Disini tempat untuk memosting konten anda / isi postingan yang akan anda buat.

  • 3. Kemudian jika postingan anda sudah di isi, selanjukan silahkan klik Publikasikan.

    4. Terakhir jika semua sudah berhasil dipublikasikan sekarang untuk melihat blog anda, silahkan klik Lihat blog

    Nah sudah bisa kan, apa lagi yang kurang? Hemmm gini mas tampilan blog aku kok beda ya? kok enggak sama, dengan blog mas logow yang ini!

    Untuk pertanyaan itu mudah bro, solusinya adalah ganti template baru. Jika belum punya template nya, silahkan cari di google banyak kok. Belum tau cara ganti template, silahkan simak cara berikut.

    Langakah Cara mengganti template dafault Blogger

    Silahkan ketik binging sepasi mondhar-madhir, hahaha. Memang template dafault itu tidak keren, bukanya ngenyek loya :D. Tapi saya sangat menyarankan untuk menggunakan template dafault Blogger, karena bagaimana pun itu adalah template asli yang sudah disediakan oleh Blogger sendiri. Pastinya template bawaan Blogger itu SEO banget selain itu, jika anda mendaftar Google AdSense akan mudah di approve / diterima.

    Kembali ke tahap pembahasan cara mengganti template Blogger. Pertama yang harus anda lakukan adalah download template, dimana? Saya kan sudah bilang dari tadi, silahkan cari di Google, banyak pilihan disana, ada yang Gratis juga ada yang Premium.

    1. Masuk dashboard blogger kemudian pilih menu Tema.

    2. Pilih tombol Backup / Pulihkan lebih jelasnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

    3. Kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini. klik tombol Pilih File

    4. Dan yang terakhir klik tombol Upload perlu di ingat template yang bisa di upload adalah yang berformat text dan xml.

    Ulasan singkat tentang Cara Membuat Blog

    Membuat blog sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit selama kita punya niat dan tekad. Kesalahan dan kegagalan adalah hal yang wajar dalam proses belajar, Artinya anda tidak perlu khawatir jika mungkin saat ini belum bisa melihat hasilnya. Yang terpenting adalah kita punya niat yang pasti, dan hurus bisa melawan kegagalan. Tetaplah semangat!

    Semoga seja isi dalam postingan ini bisa bermaanfaat dan berguna bagi Anda semua. Title Cara Membuat Blog Lewat HP Android untuk pemula.

    Jika bermanfaat silahkan share. Apabila ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya melalui komentar dibawah. Trimakasih...

    0 Response to "Cara Membuat Blog Lewat HP Android Untuk Pemula (lengkap)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel